Barang Migas
Barang Migas

Contoh Barang Migas dalam Keseharian

Diposting pada

Barang Migas

Minyak dan gas alam yang dikenal dengan singkata migas pada dasarnya memiliki peran penting dalam mendukung kehidupan sehari-hari. Bahkan minyak dan gas alam konon mampu memasok lebih dari 60 persen energi yang mendukung beragam aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu sumber daya alam berupa Migas sangat berguna mengisi bahan bakar mobil, menghangatkan ruma,  dan memasak makanan. Oleh sebab itulah migas akan senantiasa mengacu pada komoditi yang merupakan turunan dari hasil fraksi minyak bumi dan gas alam.

Migas

Minyak bumi dan gas alam adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi merupakan campuran cairan yang ditemukan di bawah tanah yang dapat digunakan untuk membuat bensin, solar, dan banyak produk lainnya. Minyak bumi disebut juga minyak mentah (crude oil).

Minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa organisme laut purba, seperti tumbuhan, alga, dan bakteri. Selama jutaan tahun mengalami panas dan tekanan yang hebat, sisa-sisa organik (fosil) ini kemudian lambat laun berubah menjadi zat kaya karbon yang mampu diandalkan sebagai bahan mentah untuk bahan bakar dan berbagai macam produk.

Seperti halnya minyak bumi yang terbentuk dari fosil, gas alam juga berasal dari fosil yang terbentuk jauh di bawah permukaan bumi, yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan (seperti diatom) menumpuk di lapisan tebal di permukaan bumi, dan dasar laut. Bahkan terkadang bercampur dengan pasir, lanau, dan kalsium karbonat. Sedangkan untuk gas alam merupakan campurandari  beberapa gas, yang kebanyakan adalah metana. Gas alam ditemukan di bawah tanah dengan minyak bumi. Gas alam bersifat mudah terbakar (terbakar dengan nyala api).

Contoh Barang Migas

Contoh barang migas yang mudah ditemukan, antara lain:

  1. Bensin

Barang Migas Bensin
Bensin

Bensin merupakan campuran berbagai jenis hidrokarbon cair yang mudah menguap dan mudah terbakar yang berasal dari minyak bumi dan digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin pembakaran internal. Oleh karena itulah bensin juga digunakan sebagai pelarut untuk minyak dan lemak.

Awalnya bensin merupakan produk sampingan dari industri perminyakan (minyak tanah menjadi produk utama), bensin menjadi bahan bakar mobil yang disukai karena energi pembakarannya yang tinggi dan kemampuannya untuk mudah bercampur dengan udara di dalam karburator.

  1. Solar

Solar Adalah
Solar

Solar merupakan bahan bakar cair yang digunakan pada mesin diesel, yang penyalaan bahan bakarnya terjadi tanpa adanya percikan. Hal ini lantaran sebagai akibat dari kompresi campuran udara masuk dan kemudian injeksi bahan bakar.

Mesin diesel telah banyak digunakan sebagai hasil dari efisiensi termodinamika yang lebih tinggi dan dengan demikian efisiensi bahan bakar. Hal ini khususnya diperhatikan di mana mesin diesel dijalankan dengan beban sebagian; karena pasokan udaranya tidak dibatasi seperti pada mesin bensin (bensin), efisiensinya masih tetap tinggi.

  1. Minyak Tanah

Minyak Tanah
Minyak Tanah

Minyak tanah merupakan cairan hidrokarbon mudah terbakar yang biasa digunakan sebagai bahan bakar. Minyak tanah biasanya berwarna kuning pucat atau tidak berwarna dan memiliki bau khas yang tidak sedap.

Kondisi tersebt diperoleh dari minyak bumi dan digunakan untuk pembakaran di lampu minyak tanah dan pemanas atau tungku rumah tangga, sebagai bahan bakar atau komponen bahan bakar untuk mesin jet, dan sebagai pelarut untuk gemuk dan insektisida.

Dalam sejarahnya minyak tanah sendiri ditemukan oleh dokter Kanada Abraham Gesner pada akhir tahun 1840-an, minyak tanah pada awalnya dibuat dari tar batubara dan minyak serpih. Namun, setelah pengeboran sumur minyak pertama di Pennsylvania oleh E.L. Drake pada tahun 1859, minyak bumi dengan cepat menjadi sumber utama minyak tanah.

Karena penggunaannya dalam lampu, minyak tanah menjadi produk kilang utama selama beberapa dekade sampai munculnya lampu listrik mengurangi nilainya untuk penerangan. Produksi semakin menurun seiring munculnya mobil yang menjadikan bensin sebagai produk minyak bumi yang penting. Namun demikian, di banyak belahan dunia, minyak tanah masih merupakan bahan bakar pemanas dan memasak yang umum serta bahan bakar untuk lampu.

  1. Gas Alam

Gas alam
Gas alam

Gas alam merupakan campuran gas hidrokarbon yang terbentuk secara alami yang terutama terdiri dari metana, tetapi biasanya termasuk sejumlah alkana lain yang lebih tinggi, dan terkadang sebagian kecil dari karbon dioksida, nitrogen, hidrogen sulfida, atau helium.

Gas alam adalah hidrokarbon tak terbarukan yang digunakan sebagai sumber energi untuk pemanas, memasak, dan pembangkit listrik. Ini juga digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan dan sebagai bahan baku kimia dalam pembuatan plastik dan bahan kimia organik penting komersial lainnya.

Gas alam ditemukan dalam formasi batuan bawah tanah yang dalam atau terkait dengan reservoir hidrokarbon lain di lapisan batu bara dan sebagai klatrat metana. Sebagian besar gas alam dihasilkan dari waktu ke waktu oleh dua mekanisme. Yaitu biogenik dan termogenik.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapatlah dikatakan bahwa minyak bumi dan gas alam dapat didefinisikan sebagai hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa cair atau padat, termasuk aspal, lilin mineral atau ozokerit, dan bitumen yang diperoleh dari proses penambangan, tapi tidak termasuk batu bara atau endapan hidrokarbon lain yang berbentuk padat yang diperoleh dari kegiatan yang tidak berkaitan dengan kegiatan usaha Minyak dan Gas Bumi.

Selain itujuga membantu menghasilkan listrik yang menggerakkan kehidupan kita sehari-hari. Macam-macam contoh produk yang termasuk migas, diantaranya yaitu bensin, solar, minyak tanah, dan lain-lain. Selain minyak dan gas bumi, sumber daya alam nonmigas juga tak kalah penting bagi kehidupan kita. Contohnya saja seperti barang nonmigas diantaranya yaitu timah, nikel, bauksit, bijih besi, emas, tembaga, dan lain-lain.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh barang migas dan manfaatnya yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga mampu memberi pemahaman dan khazanah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *