Unsur Atom dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Unsur Atom

Atom bisa dikatakan sebagai unit terkecil tempat materi dapat dibagi tanpa melepaskan arti partikel bermuatan energi listrik. Penjelasan atom ini juga merupakan unit materi terkecil yang memiliki sifat karakteristik suatu jenis unsur kimia. Dengan demikian, atom adalah bahan penyusun dasar kimia. Sebagian besar atom adalah ruang kosong. Sisanya terdiri atas inti proton dan neutron bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.

Inti atom lebih kecil dan padat dibandingkan dengan elektron, yang merupakan partikel bermuatan paling ringan di alam. Elektron tertarik ke muatan positif apa pun oleh gaya listriknya. Dalam teori atom, gaya listrik mengikat elektron ke inti atom. Berdasarkan nomor atomnya, unsur kimia yang tersusun dalam table periodik unsur dimulai dari

Atom

Atom adalah unit materi terkecil yang mempertahankan semua sifat kimia suatu unsur. Atom bergabung membentuk molekul yang kemudian berinteraksi membentuk padatan, gas, atau cairan. Sebagai contoh misalnya saja arti air terdiri dari atom hidrogen dan oksigen yang bergabung membentuk molekul air.

Banyak proses biologis yang ditujukan untuk memecah molekul menjadi atom komponennya sehingga bisa disusun kembali menjadi molekul yang lebih berguna.

Unsur Atom

Berikut ini unsur kimia dalam tabel periodik unsur, yaitu:

  1. Hidrogen

Hidrogen (H) adalah zat gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan mudah terbakar yang merupakan anggota paling sederhana dari keluarga unsur kimia. Atom dalam ikatan hidrogen mempunyai inti yang terdiri dari proton yang membawa satu unit muatan listrik positif; sebuah elektron, yang membawa satu unit muatan listrik negatif, juga diasosiasikan dengan inti ini.

Dalam kondisi biasa, gas hidrogen adalah agregasi lepas dari molekul hidrogen, masing-masing terdiri dari sepasang atom, molekul diatomik, H2. Sifat kimia penting hidrogen yang paling awal diketahui adalah terbakar dengan oksigen untuk membentuk air, H2O; sebagaimana nama hidrogen itu sendiri berasal dari kata Yunani yang berarti “pembuat air“.

  1. Helium

Helium adalah unsur kimia, gas inert dari Golongan 18 (gas mulia) dari tabel periodik. Unsur paling ringan kedua setelah hidrogen. Helium adalah gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang menjadi cair pada suhu -268,9 ° C (-452 ° F). Titik didih dan titik beku helium lebih rendah daripada zat lain yang diketahui.

Helium adalah satu-satunya elemen yang tidak dapat dipadatkan dengan pendinginan yang memadai pada tekanan atmosfer normal; perlu untuk menerapkan tekanan 25 atmosfer pada suhu 1 K (-272 ° C, atau -458 ° F) untuk mengubahnya menjadi bentuk padatnya.

  1. Lithium

Litium (Li) adalah unsur kimia golongan 1 (Ia) dalam tabel periodik, golongan ikatan logam alkali, unsur padat paling ringan. Unsur ini ditemukan pada tahun 1817 oleh ahli kimia Swedia Johan August Arfwedson. Lithium bernomor atom 3 dengan berat atom 6,941; titik lebur 180,5 ° C (356,9 ° F); titik didih 1,342 ° C (2,448 ° F); berat jenis 0,534 pada suhu 20 ° C (68 ° F); bilangan oksidasi +1 konfigurasi elektron 2-1 atau 1s22s1.

Logam ini digunakan dalam pembuatan pesawat dan baterai tertentu. Ini juga digunakan dalam kesehatan mental: Lithium karbonat adalah pengobatan umum gangguan bipolar, membantu menstabilkan perubahan suasana hati yang disebabkan oleh penyakit.

  1. Berillium

Berilium (Be), sebelumnya (hingga 1957) dinamakan glucinium adalah unsur kimia, anggota paling ringan dari logam alkali tanah dari Grup 2 (IIa) tabel periodik, digunakan dalam metalurgi sebagai zat pengeras dan di banyak ruang angkasa dan aplikasi nuklir.

Berilium ditemukan (1798) sebagai oksida oleh ahli kimia Prancis Nicolas-Louis Vauquelin dalam beryl dan zamrud dan diisolasi (1828) sebagai logam secara independen oleh ahli kimia Jerman Friedrich Wöhler dan ahli kimia Prancis Antoine A.B.

  1. Boron

Boron (B) adalah unsur kimia berupa semi-logam, yang termasuk dalam golongan utama 13 (IIIa, atau golongan boron) dari tabel periodik. Boron pertama kali diisolasi (1808) oleh ahli kimia Prancis Joseph-Louis Gay-Lussac dan Louis-Jacques Thenard dan secara independen oleh ahli kimia Inggris Sir Humphry Davy dengan memanaskan boron oksida (B2O3) dengan logam kalium.

Produk amorf yang tidak murni, bubuk hitam kecoklatan, adalah satu-satunya bentuk boron yang dikenal selama lebih dari satu abad. Boron kristal murni dapat dibuat dengan mereduksi bromida atau klorida (BBr3, BCl3) dengan hidrogen pada filamen tantalum yang dipanaskan dengan listrik.

  1. Karbon

Karbon (C) adalah unsur kimia bukan logam dalam golongan 14 (IVa) dari tabel periodik. Meskipun tersebar luas di alam, karbon tidak terlalu banyak, hanya membentuk sekitar 0,025 persen kerak bumi, namun karbon membentuk lebih banyak senyawa daripada gabungan semua elemen lainnya.

Tahun 1961, isotop karbon-12 dipilih untuk menggantikan oksigen yang digunakan sebagai standar relatif yang mengukur berat atom dari unsur-unsur lainnya. Karbon-14, yang merupakan radioaktif, adalah isotop yang digunakan dalam penanggalan radiokarbon dan radiolabeling.

  1. Nitrogen

Nitrogen (N) adalah unsur bukan logam dari Golongan 15 [Va] dari tabel periodik. Ini adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang merupakan unsur paling banyak di atmosfer bumi dan merupakan unsur dari semua materi hidup.

Sifat nitrogen menempati urutan keenam dalam hal kelimpahan kosmik dibandingkan unsur-unsur lainnya. Atmosfer bumi terdiri dari 75,51 persen berat (atau 78,09 persen volume) nitrogen. Nitrogen juga ditemukan di banyak meteorit; dalam gas gunung berapi, tambang, dan beberapa mata air mineral; di Matahari; dan di beberapa bintang dan nebula.

  1. Oksigen

Oksigen (O) adalah unsur kimia non logam dari Golongan 16 (VIa, atau golongan oksigen) dari tabel periodik. Oksigen adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang penting bagi organisme hidup, diambil oleh hewan, yang mengubahnya menjadi karbon dioksida; tumbuhan, pada gilirannya, memanfaatkan karbon dioksida sebagai sumber karbon dan mengembalikan oksigen ke atmosfer.

Dengan 46 persen massa, sifat oksigen merupakan unsur paling banyak di kerak bumi. Proporsi oksigen menurut volume di atmosfer ialah 21 persen dan berat di air laut ialah 89 persen. Dalam batuan, oksigen bergabung dengan logam dan non logam dalam bentuk oksida yang memiliki asam atau basa, dan sebagai senyawa seperti garam yang dapat dianggap terbentuk dari oksida asam dan basa.

  1. Fluor

Fluor (F) adalah unsur kimia paling reaktif dan anggota paling ringan dari unsur halogen, atau Golongan 17 (Golongan VIIa) dari tabel periodik. Aktivitas kimianya dapat dikaitkan dengan kemampuannya yang ekstrem untuk menarik elektron (ia adalah unsur yang paling elektronegatif) dan ukuran atomnya yang kecil.

Mineral fluorspar yang mengandung fluor (fluorit, CaF2) telah digunakan selama berabad-abad sebagai fluks (zat pembersih) dalam berbagai proses metalurgi. Mineral tersebut kemudian terbukti menjadi sumber unsur tersebut, yang kemudian diberi nama fluor.

Kristal fluorspar yang tidak berwarna dan transparan menunjukkan semburat kebiruan saat diterangi, dan properti ini dikenal sebagai fluoresensi.

  1. Neon

Neon (Ne) adalah unsur kimia, gas inert dari Golongan 18 (gas mulia) dari tabel periodik, digunakan dalam tanda listrik dan lampu fluoresen. Tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan lebih ringan dari udara, gas neon muncul dalam jumlah yang sangat kecil di atmosfer bumi dan terperangkap di dalam batuan kerak bumi.

Meskipun neon sekitar 31/2 kali lebih banyak dari helium di atmosfer, udara kering hanya mengandung 0,0018 persen volume neon. Unsur ini lebih melimpah di kosmos daripada di Bumi. Neon mencair pada −246.048 ° C (−411 ° F) dan membeku pada suhu yang hanya 2,5 ° lebih rendah.

  1. Sodium (Natrium)

Natrium adalah unsur kimia dari golongan logam alkali (Golongan 1 [Ia]) dari tabel periodik. Sodium adalah logam putih keperakan yang sangat lembut. Natrium adalah logam alkali paling umum dan unsur paling melimpah keenam di Bumi, terdiri dari 2,8 persen kerak bumi.

Natrium terjadi secara berlimpah di alam dalam senyawa, terutama garam biasa, yaitu natrium klorida (NaCl) yang membentuk mineral halit dan merupakan sekitar 80 persen unsur terlarut air laut. Natrium memiliki nomor atom11, berat atom 22,9898, titik lebur 97,81 ° C (208 ° F), titik didih 882,9 ° C (1,621 ° F), berat jenis 0,971, (20 ° C), bilangan oksidasi + 1, −1 (jarang), konfigurasi electron 2- 8-1 atau 1s22s22p63s1.

  1. Magnesium

Magnesium adalah unsur kimia, salah satu logam alkali tanah Golongan 2 (IIa) dari tabel periodik, dan logam struktural paling ringan. Senyawanya banyak digunakan dalam konstruksi dan pengobatan, dan magnesium adalah salah satu elemen penting untuk semua kehidupan seluler.

Diketahui awalnya melalui senyawa seperti garam Epsom (sulfat), magnesia atau magnesia alba (oksida), dan magnesit (karbonat), unsur putih keperakan itu sendiri tidak terjadi secara bebas di alam. Ini pertama kali diisolasi pada tahun 1808 oleh Sir Humphry Davy, yang menguapkan merkuri dari amalgam magnesium yang dibuat dengan mengelektrolisis campuran magnesia lembab dan oksida merkuri.

  1. Alumunium

Aluminium adalah unsur kimia, logam putih keperakan ringan dari Golongan 13 (IIIa, atau golongan boron) utama dari tabel periodik. Aluminium adalah elemen logam paling melimpah di kerak bumi dan logam non-ferrous (tidak mengandung besi) yang paling banyak digunakan.

Karena aktivitas kimianya, aluminium tidak pernah muncul dalam bentuk logam di alam, tetapi senyawanya ada pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil di hampir semua batuan, tumbuhan, dan hewan. Aluminium terkonsentrasi di 16 km terluar (10 mil) kerak bumi, yang menyusun sekitar 8 persen beratnya.

  1. Silikon

Silikon (Si) adalah unsur kimia non logam dalam keluarga karbon (Golongan 14 [IVa] dari tabel periodik). Silikon membentuk 27,7 persen kerak bumi, dimana silikon unsur paling melimpah kedua di kerak bumi, hanya dilampaui oleh oksigen.

Unsur silikon amorf pertama kali diisolasi dan dideskripsikan sebagai unsur pada tahun 1824 oleh Jöns Jacob Berzelius, seorang ahli kimia Swedia. Silikon tidak murni telah diperoleh pada tahun 1811. Unsur silikon tidak dibuat sampai tahun 1854, ketika diperoleh sebagai produk elektrolisis.

  1. Fosfor

Fosfor (P) adalah unsur kimia non logam dari keluarga nitrogen (Golongan 15 [Va] dari tabel periodik) yang pada suhu kamar adalah padatan tidak berwarna, semitransparan, lunak, seperti lilin yang bersinar dalam gelap.

Fosfor adalah unsur yang tersebar sangat luas, yaitu ke-12 paling melimpah di kerak Bumi, yang menyumbang sekitar 0,10 persen berat.

Kelimpahan kosmiknya adalah sekitar satu atom per 100 atom silikon, standarnya. Reaktivitas kimianya yang tinggi memastikan bahwa itu tidak terjadi dalam keadaan bebas (kecuali di beberapa meteorit). Fosfor selalu muncul sebagai ion fosfat. Bentuk gabungan utama di alam adalah garam fosfat.

  1. Belerang (Sulfur)

Sulfur adalah unsur kimia bukan logam yang termasuk dalam kelompok oksigen (Golongan 16 [VIa] dari tabel periodik). Sulfur ini merupakan salah satu unsur yang paling reaktif. Sulfur murni adalah padatan yang tidak berasa, tidak berbau, rapuh yang berwarna kuning pucat, konduktor listrik yang buruk, dan tidak larut dalam air.

Sulfur bereaksi dengan semua logam kecuali emas dan platinum, membentuk sulfida; itu juga membentuk senyawa dengan beberapa unsur bukan logam. Jutaan ton belerang diproduksi setiap tahun, sebagian besar untuk pembuatan asam sulfat, yang banyak digunakan di industri.

  1. Klor

Klor (Cl) adalah unsur kimia yang paling ringan kedua dari unsur halogen, atau Golongan 17 (Golongan VIIa) dari tabel periodik. Klorin adalah gas beracun, korosif, kuning kehijauan yang mengiritasi mata dan sistem pernapasan.

Selain jumlah klorin (Cl) bebas yang sangat sedikit dalam gas vulkanik, klor biasanya hanya ditemukan dalam bentuk senyawa kimia. Ini merupakan 0,017 persen dari kerak bumi. Klor alami merupakan campuran dari dua isotop stabil: klorin-35 (75,53 persen) dan klorin-37 (24,47 persen).

Senyawa klorin yang paling umum adalah natrium klorida, yang ditemukan di alam sebagai garam batu kristal, sering berubah warna karena kotoran.

  1. Argon

Argon (Ar) adalah unsur kimia yang berupa gas inert dari Golongan 18 (gas mulia) dari tabel periodik. Gas argon yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Gas ini diisolasi dari udara oleh ilmuwan Inggris Lord Rayleigh dan Sir William Ramsay.

Gas argon mengembun menjadi cairan tak bewarna pada −185,8 ° C (−302,4 ° F) dan menjadi kristal padat pada -189,4 ° C (-308,9 ° F). Gas tidak dapat dicairkan dengan tekanan di atas suhu −122,3 ° C (−188,1 ° F), dan pada titik ini diperlukan tekanan minimal 48 atmosfer untuk membuatnya mencair.

  1. Potasium (Kalium)

Kalium (K) adalah unsur kimia golongan 1 (Ia) dari tabel periodik, golongan logam alkali, sangat diperlukan baik untuk tumbuhan maupun hewan. Kalium adalah logam pertama yang diisolasi dengan elektrolisis, oleh ahli kimia Inggris Sir Humphry Davy (1807), ketika ia menghasilkan unsur  dengan menguraikan kalium hidroksida cair (KOH) dengan baterai volta.

Potasium memiliki nomor atom 19, berat atom 39,098, titik lebur 63,28 ° C (145,90 ° F), titik didih 760 ° C (1.400 ° F), berat jenis 0,862 (pada 20 ° C, atau 68 ° F,  bilangan oksidasi +1, −1 (jarang) konfigurasi elektron 2-8-8-1 atau 1s22s22p63s23p64s1.

  1. Kalsium

Kalsium adalah logam alkali tanah dari Grup 2 (IIa) dari tabel periodik. Ini adalah unsur logam paling melimpah di tubuh manusia dan unsur paling melimpah kelima di kerak bumi. Kalsium tidak terjadi secara alami dalam keadaan bebas, tetapi senyawa unsurnya tersebar luas.

Satu senyawa kalsium, kapur (kalsium oksida, CaO) digunakan secara luas di zaman dahulu. Logam keperakan, agak lunak, dan ringan itu sendiri pertama kali diisolasi (1808) oleh Sir Humphry Davy setelah menyuling merkuri dari amalgam yang dibentuk dengan elektrolisis campuran kapur dan merkuri oksida. Nama unsur tersebut diambil dari kata Latin untuk kapur, calx.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa jenis partikel atom dapat didefinisikan sebagai bagian materi yang fundamental. Sehingga materi adalah segala sesuatu yang dapat disentuh secara fisik). Segala sesuatu di alam semesta (kecuali energi) terbuat dari materi, dan karenanya, segala sesuatu di alam semesta terbuat dari atom.

Disisi lain, sejarah penemuan atom sudah menganggap bahwa partikel ini adalah benda terkecil yang mempertahankan sifat suatu unsur. Oleh karena itulah atom terdiri atas elektron dan inti. Inti atom mengandung proton dan neutron.

Sehingga atas artikel terkecil dari suatu elemen yang dapat ada sendiri atau dalam kombinasi; Atom dianggap sebagai sumber energi konstruktif atau destruktif yang sangat potensial.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis unsur atom dalam sistem pariodik di penerapan ilmu kimia. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan yang memanglah sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *