Pengertian Filtrat
Pengertian Filtrat

Pengertian Filtrat dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Filtrat

Filtrat dalam penerapan kimia bisa dikatakan sebagai serangkaian proses yang dipergunakan untuk memisahkan padatan dari cairan dengan memperggunakan media filter yang memungkinkan fluida melewati tetapi tidak padatannya. Dalam konsep ini cairan yang melewati filter disebut filtrat, atau bisa juga dikatakan bahwa filtrat merupakan cairan hasil filtrasi yang dipindahkan ke reservoir lain.

Oleh karena demikinalah filtrasi biasanya merupakan proses yang tidak sempurna, sehingga beberapa cairan tetap berada di sisi umpan filter atau tertanam di media filter dan beberapa partikulat padat kecil menemukan jalannya melalui filter.

Filtrat

Filtrat hakekatnya lebih mengacu pada cairan yang telah melewati proses filtrasi. Dalam arti filtrasi inilah semua cairan dapat disaring. Sehingga terbentuklah makna partikel yang lebih besar terjebak di media saring, sementara partikel yang lebih kecil serta cairan melewatinya, menjadi filtrat. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa filtrat adalah produk akhir dari penyaringan cairan. Dalam hampir semua kasus, filtrat sebenarnya adalah air dalam bentuk yang dimurnikan.

Adapun istilah filtrasi itu sendiri mengacu pada proses pemisahan padatan yang belum larut dalam cairan. Biasanya, filtrasi dapat dilakukan dengan cara fisik atau mekanis. Filtrasi menggunakan media interposing yang hanya memungkinkan fluida lewat.

Pengertian Filtrat

Filtrasi adalah pemisahan zat berdasarkan kualitas fisik dan sifat kimianya yang berbeda. Biasanya, kerapkali menganggapnya sebagai penghilangan partikel padat dari campuran yang mengandung padatan dan cairan. Dalam proses ini, kita mengacu pada material padat yang dikumpulkan sebagai residu dan material fluida sebagai filtrat.

Pengertian Filtrat Menurut Para Ahli

Adapun definisi filtrat menurut para ahli, antara lain;

  1. Cambridge Dictionary, Filtrat adalah cairan, gas, atau zat lain yang telah melewati filter
  2. Collins Dictionary, Pengertian filtrat adalah serangkaian bentuk cairan atau gas alam yang telah dilakukan proses penyaringan.

Contoh Filtrat

Adapun untuk contoh proses filtrat ini misalnya saja;

  1. Membuat Teh

Tanaman teh adalah salah satu jenis tumbuhan yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Pada prosesnya untuk membuat teh terjadi konsep fitral. Dimana filter atau yang dikenal dengan saringan senantiasa dipergunakan untuk memisahkan daun teh dari air.

Arti air yang tersaring dalam pembuatan teh inilah yang disebut filtrat, sedangkan daun teh yang tertinggal disebut residu.

  1. Pembuatan Kopi

Pada saat terjadinya kegiatan berupa menyeduh kopi hahekatnya akan senantiasa melibatkan proses pemisahan air panas melalui kopi bubuk dan filter. Sehingga kopi cair dalam hal ini bisa dikatakan sebagai kegiatan filtrat yang lazimnya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa filtrat merupakan cairan apa pun yang masuk dalam proses filtrasi, baik sesudah ataupun sebelum selesai setelah filtrat dibuat. Disisi lainya, perlu dipahami bahwa dalam pengolahan limbah dan air, proses tambahan dilibatkan untuk menghilangkan komponen yang tidak diinginkan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami jelaskan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian filtrat menurut para ahli dan contohnya yang mduah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *