Jenis Reaksi Pengendapan
Jenis Reaksi Pengendapan

Jenis Persamaan Reaksi Pengendapan dan Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Reaksi Pengendapan

Reaksi pengendapan pada dasarnya merupakan suatu hal yang terjadi secara kimiawi pada fase larutan ekstraksi cair dan juga fase padat.

Disisi lain, berbagai jenis peristiwa reaksi pengendapan dapat terjadi pada kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika membuat kopi maka akan ditemukan endapan bubuk kopi pada bagian bawah. Peristiwa yang sederhana tadi dapat dijelaskan secara kimiawi dan dipelajari lebih lanjut pada penerapan kimia.

Reaksi Pengendapan

Pengendapan adalah hasil dari reaksi yang membentuk zat padat dari suatu larutan secara terpisah. Sehingga pada reaksi pengendapan akan terbentuk fase yang berbeda dari larutan sebelumnya.

Selain itu dalam reaksi pengendapan dapat terjadi dengan mengubah zat yang sudah ada sebelumnya menjadi bentuk tidak larut, ataupun dengan mengubah komposisi pelarut untuk mengurangi kelarutan zat yang ada di dalamnya.

Jenis Reaksi Endapan

Persamaan reaksi endapan dapat ditulis dengan menggunakan tiga cara. Antara lain;

  1. Persamaan reaksi molekular
  2. Persamaan reaksi ion positif dan ion negatif
  3. Persamaan reaksi ion bersih

Penjelasan dari tiap-tiap jenis persaman yaitu sebagai berikut :

  1. Persamaan Reaksi Molekular

Persamaan ini merupakan persamaan reaksi lengkap yang menggambarkan rumus dari molekul zat yang bereaksi dan hasil reaksi. Contoh dari reaksi molekular terjadi antara natrium sulfat dengan barium klorida yang akan menghasilkan endapan barium sulfat dalam larutan natrium klorida.

Na2SO4(aq) + BaCl2(aq) → BaSO4(s) + 2NaCl(aq)
  1. Persamaan Reaksi Ion

Persamaan reaksi ion merupakan persamaan yang melibatkan senyawa pada persamaan reaksi diionkan. Senyawa yang dapat diionkan hanya senyawa dengan dase (aq) atau larutan, sementara senyawa yang berwujud padat (s) tidak dapat di ionkan.

2Na+ (aq) + SO42 (aq) + Ba2+ (aq) + 2Cl (aq) → BaSO4 (s) + 2Na+ (aq) + 2Cl (aq)
  1. Persamaan Reaksi Ion Bersih

Persamaan reaksi ion bersih melibatkan ion-ion pembentuk zat yang mengendap saja. Ion lainnya tidak ikut bereaksi karena berada dalam bentuk yang sama dengan reaktan atau produk ion yang disebut ion spectator.

Ba2+(aq) + SO42-(aq) → BaSO4(s)

Faktor Pengaruh Reaksi Pengendapan

Adapun untuk faktor yang menjadi pengaruh reaksi pengendapan. Antara lain;

  1. Terjadi Dua Larutan

Penting diketahui bahwa dalam reaksi pengendapan terjadi ketika ada dua larutan yang dicampur sehingga menghasilkan produk yang tidak dapat larut di dalam pelarutnya. Akan tetapi tidak semua senyawa yang bersifat ionik mampu bereaksi dan membentuk endapan.

  1. Kondisi Suhu dan pH

Selain itu endapan juga dapat terbentuk pada kondisi-kondisi tertentu. Misalnya faktor yang dapat mempengaruhi adalah kondisi suhu dan pH lingkungan yang sangat mempengaruhi terjadi atau tidaknya reaksi pengendapan dalam kedua element diatas.

  1. Kelarutan

Terdapat faktor lain yang juga berperan penting dalam reaksi pengendapan yaitu; Kelarutan, kelarutan adalah kemampuan zat padat, zat cair, maupun zat gas untuk dapat terlarut didalam suatu pelarut dan tercampur secara homogen.

Demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkenaan dengan macam-macam persamaan yang ada di dalam reaksi pengendapan dan faktor yang dapat mempengaruhinya. Semoga memberikan pemahaman bagi semua kalangan yang membtuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *