Kegunaan Merkuri
Kegunaan Merkuri

Manfaat Merkuri dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Kegunaan Merkuri

Merkuri merupakan salah satu jenis unsur kimia yang ada pada tabel Sistem Periodik Unsur (SPU). Simbol bahan kimia dari merkuri yaitu Hg atau Hydrargyrum. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, nama merkuri lebih dikenal sebagai air raksa.

Sejatinya banyak kebermanfataan yang dimiliki merkuri mulai dari penggunannya dalam kesehatan, pertambangan, dan juga lingkungan. Dalam kesehatan manusia misalnya saja di fungsikan bagi alat kosmetik untuk kulit dan wajah.

Merkuri

Merkuri dikenal juga sebagai air raksa (Hg), yaitu merupakan salah satu jenis ikatan logam yang umumnya banyak ditemukan di alam dan juga tersebar didalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara. Kedudukan merkuri sebagai senyawa organik maupun anorganik.

Merkuri merupakan satu-satunya logam yang berbentuk cair pada suhu kamar. Unsur merkuri juga kadang-kadang disebut seabgai quicksilver. Pada alam, definisi merkuri menjadi salah satu unsur dengan kelimpahan yang banyak di Bumi. Walaupun untuk bentuk bebas yang benar-benar murni dari Hg cukup sulit ditemukan di alam.

Biasanya merkuri ditemukan dalam bentuk HgS atau bijih cinnabar. Selanjutnya biji ini akan diolah hingga akhirnya menghasilkan logam merkuri murni atau Hg. Pengolahan bijih cinnabar dilakukan dengan pemanasan dalam suhu yang tinggi dan dikontakkan dengan oksigen.

Selain itu, dapat juga dilakukan sintesis dengan pemanasan yang menggunakan batu kapur serta belerang untuk membentuk merkuri murni.

Manfaat Merkuri

Sedangkan keberfungsian yang menjadi kegunaan dalam merkuri ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bidang Industri Klor-Alkali

Merkuri bermanfaat pada bidang industri klor-alkali. Dalam hal ini merkuri berfungsi menangkap logam yang mengandung arti natrium (Na), logam ini dapat ditangkap melalui proses elektrolisa dari larutan garam natrium klorida (NaCl).

  1. Industri Pulp

Sementara itu, pada bidang industri pulp dan kertas, merkuri biasanya digunakan dalam bentuk senyawa FMA (Fenil Merkuri Asetat). Senyawa ini berfungsi untuk mencegah pembentukan kapur pada pulpdan kertas basah selama proses penyimpanan.

  1. Industri Cat

Pada industri cat yang kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari setidaknya ada kanduangan merkuri yang berfungsi untuk mencegah perumbuhan dari jamur. Selain itu, dalam penerapan ini juga merkuri memperkuat komponen warna yang ada pada cat.

  1. Pertanian

Pada bidang pertanian yang berhubungan dengan tanaman, merkuri biasanya digunakan sebagai fungisida. Jamur-jamuran akan terhalang pertumbuhannya ketika tanaman diberikan merkuri. Bahkan beberapa senyawa yang biasa digunakan pada bidang pertanian antara lain metal merkuri siano, metil merkuri asetat, metil merkuri disiano diamida dan terakhir yaitu senyawa etil merkuri klorida.

  1. Petambangan

Sifat ikatan logam merkuri pada bidang pertambangan digunakan untuk membentuk amalgram. Salah satu contohnya yaitu dalam pertambangan emas, logam merkuri mampu mengikat dan memurnikan emas yang didapat dari pertambangan.

  1. Kedokteran

Bidang kedokteran juga berhubungan prihal kesehatan. Ada sejumlah memanfaat logam merkuri, khususnya pada kedokteran gigi. Dimana logam merkuri dalam kadar yang telah ditentukan digunakan sebagai campuran pada penambal gigi.

  1. Fisika

Peralatan fisika pada kenyataannya banyak memanfaatkan logam merkuri dalam penerapannya. Antara lain yaitu thermometer pengukur suhu yang sering kita gunakan, barometer, serta pengatur tekanan gas dan alat-alat listrik lainnya.

Dari penjelasan yang sudah disampaikan setidaknya perlu dipahami bahwa ada sejumlah karakteristik lain dari merkuri yaitu jenis-jenis merkuri. Logam ini memiliki tiga jenis berbeda, yakni;

  1. Merkuri elemental
  2. Merkuri anorganik
  3. Merkuri organik

Perbedaan jenis ini berdampak pada perbedaan dampak yang diberikan pada tubuh manusia. Hal ini didasarkan pada kandungan merkuri yang ada pada tanah, air, dan udara relatif rendah. Namun berbagai aktivitas manusia dapat meningkatkan kadar merkuri sehingga menjadi lebih tinggi. Misalnya saja dalam segenap aktivitas pertambahan yang bida memproduksi merkuri hingga 10.000 ton per tahunnya.

Nah, demikianlah setidaknya artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya manfaat merkuri dalam berbagai bidang yang mudah ditemukan untuk kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *