20 Gambar Simbol Bahan Kimia dan Artinya

Diposting pada

Gambar Simbol Bahan Kimia

Simbol bahan kimia menjadi identitas dari makna bahan kimia yang menunjukkan sifat dari serangkaian bentuk properti dari bahan kimia tersebut. Mengetahui arti sekaligus gambar dari simbol bahan kimia sangat penting untuk keamanan dan keselamatan pengguna alat laboratorium kimia karena setiap bahan kimia memiliki sifat tersendiri dan memerlukan perlakuan khusus untuk menggunakannya.

Dengan mengetahui sifat dan karaktersitik dari satu bahan kimia melalui simbolnya, kita dapat berhati-hati dalam penggunaan bahan tersebut. Seperti contohnya ketika menggunakan asam basa sulfat pekat yang berbahaya jika terkena kulit sehingga membutuhkan perlakuan tertentu dalam menggunakannya.

Simbol Bahan Kimia

Jenis simbol bahan kimia
nama simbol bahan kimia

Pada dasarnya, setiap jenis bahan kimia memiliki sifat tersendiri dan berbeda untuk setiap bahan. Oleh karena itu setiap bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari pasti dilengkapi dengan simbol menunjukkan sifat dan bahaya dari bahan kimia tersebut terhadap manusia maupun terhadap lingkungan. Dengan mengetahui bahaya dari bahan kimia tersebut, maka kita akan lebih waspada dalam menggunakannya.

Selain itu ketika kita terpapar bahan berbahaya, kita juga sudah dapat melakukan pertolongan pertama dengan tepat jika sudah mengetahui bahaya apa yang ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut.

Jenis Simbol Bahan Kimia

Terdapat banyak simbol bahan kimia yang ada, berikut ini nama sekaligus gambar simbol bahan kimia serta contoh dan artinya dalam proses kimiawi yang ditemukan. Antara lain;

  1. Toxic (Beracun)

Simbul Bahan Kimia Beracun
Bahan Kimia Beracun

Simbol toxic yang juga dikenal dengan simbul bahan kimia beracun menunjukkan bahwa bahan tersebut merupakan bahan yang sifatnya akan menyebabkan sakit bahkan kematian akibat racun jika bahan tersebut terhirup atau tertelan.

Bahan kimia dengan simbol ini sebaiknya hindari untuk dihirup dan ditelan atau bahkan juga hindari terjadinya paparan pada kulit. Contohnya penggunaan simbul bahan kimia beracun ini ada dalam metanol.

  1. Irritant (Iritasi)

Gambar Simbul Kimia Irritant
Bahan Kimia Irritant

Sesuai namanya, simbol irritant ini merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi ketika terjadinya paparan pada tubuh.

Efek yang ditimbulkan yaitu seperti gatal bahkan hingga luka bakar kecil pada kulit. Tindakan pencegahan yang harus dilakukan apabila terkenal adalah dengan mencegah terjadinya kontak kulit dengan bahan ini. Adapun contoh bahan kimia irritant yaitu natrium hidroksida.

  1. Oxidizing (Pengoksidasi)

Bahan Kimia Oxidizing
Bahan Kimia Oxidizing

 

Simbol selanjutnya yaitu simbol oxidizing dimana bahan kimia dengan label ini dapat bersifat sebagai oksidator atau pengoksidasi dengan kata lain bahan ini mudah terbakar pada kenaikan suhu ketika terjadi kontak dengan bahan yang mudah terreduksi.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kebakaran, biasanya bahan semacam ini disimpan dalam wadah tertutup dan terhindar dari suhu tinggi. Contohnya penggunaan bahan kimia pengoksidasi yaitu terdapat hidrogen peroksida.

  1. Flammable (Mudah Terbakar)

Bahan Kimia Mudah Terbakar
Bahan Kimia Mudah Terbakar

Simbol flammable hampir sama artinya dengan simbol oxidizing, bahan kimia dengan simbol flammable memiliki titik nyala api yang sangat rendah sehingga sangat mudah terbakar pada suhu panas ataupun dengan sumber api yang sangat kecil.

Sama seperti pada zat pengoksidasi, bahan kimia yang mudah terbakar sebaiknya disimpan jauh dari panas dan sumber yang dapat menghasilkan api. Contohnya penggunaan bahan kimia flammable yaitu aseton.

  1. Highly Flammable (Sangat Mudah Terbakar)

Gambar Simbol Bahan Kimia Highly Flammable
Bahan Kimia Sangat Mudah Terbakaar

Sesuai namaanya, bahan highly flammable merupakan bahan kimia yang sangat mudah terbakar dengan tingkat lebih tinggi dari bahan flammable.

Titik nyala bahan ini sangat rendah bahkan dibawah 21. Oleh karena itulah sebaiknya bahan highly flammable dijauhkan dari sumber panas tertentu. Contoh penggunaan simbul bahan kimia yang sangat mudah terbakar ini misalnya terdapat pada logam natrium.

  1. Extremely Flammable (Sangat Mudah Terbakar)

Bahan Kimia Extremely Flammable
Bahan Kimia Sangat Mudah Terbakar

Simbol extremely flammable ditujukan untuk bahan dengan tingkat kemudahan terbakar paling tinggi. Bahkan hanya mengalami kontak dengan udara pun bahan ini bisa terbakar. Simpan bahan ini pada tempat tertutup yang terhindar dari udara dan panas. Contoh bahan kiia extremely flammable yaitu dietileter.

  1. Explosive (Mudah Meledak)

Simbol Bahan Kimia Explosive
Bahan Kimia Mudah Meledak

Bahan kimia dengan simbol explosive merupakan bahan kimia yang mudah meledak ketika terdapat panas atau sumber api kecil, bahkan gesekan juga dapat menyebabkan bahan ini meledak. Contoh bahan kimia yang mudah meledak yaitu trinitro toluena (TNT).

  1. Environmental Hazard (Bahaya untuk Lingkungan)

Simbol Bahan Kimia Environmental Hazard
Bahan Kimia Bahaya Untuk Lingkungan

Bahan kimia dapat berbahaya bagi lingkungan dimana bahan tersebut dapat menyebabkan kematian suatu makhluk hidup. Bahan dengan simbol kimia ini sebaiknya tidak dibuang pada limbah yang mengarah ke lingkungan dan membahayakan makhluk hidup lain. Contoh penggunaan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan ini terdapat pada petroleum eter.

  1. Harmfull Irritant (Bahaya Iritasi)

Gambar Simbol Bahan Kimia Harmfull Irritant
Bahan Kimia Bahaya Iritasi

Simbol bahan kimia ini sama dengan simbol irritant dimana bahan kimia dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan luka bakar ketika terjadinya paparan pada kulit manusia secara langsung. Contoh penggunaan simbul bahan kimia ini yaitu fenol.

  1. Corrosive (Korosif)

Simbol Bahan Kimia Corrosive
Bahan Kimia Korosif

Bahan kimia dengan simbol korosif berarti dapat merusak jaringan pada makhluk hidup, iritasi, , memar, bahkan hingga kulit mengelupas. Bahan korosif ini sangat berbahaya jika terkena kontak dengan kulit. Contoh bahan kimia korosif yaitu asam sulfat pekat.

  1. Flammable Solid (Padatan Mudah Terbakar)

Gambar Simbol Bahan Kimia Flammable Solid
Bahan Kimia Pemadatan Mudah Terbakar

Bahan dengan simbol ini termasuk bahan yang mudah terbakar namun lebih spesifik pada bahan dengan bentuk padatan atau solid. Hindarkan bahan kimia padat yang mudah terbakar dari suhu tinggi dan sumber api, bahkan bahan ini juga dapat bereaksi dengan air yang menimbulkan panas. Contoh bahan flammable solid yaitu magnesium.

  1. Flammable Liquid (Cairan Mudah Terbakar)

Simbol Bahan Kimia Cairan Mudah Terbakar
Bahan Kimia Cairan Mudah Terbakar

Bahan ini hampir sama dengan simbol sebelumnya, namun bentuk bahan kimia ini yaitu berbentuk cairan yang mudah terbakar. Cairan ini sebaiknya dihindarkan dari bahan atau benda yang menimbulkan panas dan api. Contoh flammable liquid yaitu benzena.

  1. Flammable Gas (Gas Mudah Terbakar)

Simbol Bahan Kimia Gas Mudah Terbakar
Bahan Kimia Gas Mudah Terbakar

Sama seperti kedua simbol sebelumnya, flammable gas merupakan bahan kimia yang mudah terbakar namun dalam bentuk gas. Bahan kimia ini sebaiknya dijauhkan dari sumber panas dan api. Contoh bahan kimia ini terdapat flammable gas yaitu gas asetilena dan gas hidrogen.

  1. Poison (Racun)

Gambar Simbol Bahan Kimia Beracun
Bahan Kimia Racun

Simbol bahan kimia poison merupakan simbol yang menandakan bahwa di dalam tempat tersebut terdapat bahan kimia beracun. Dalam menggunakan bahan ini sebaiknya berhati hati dan menggunakan masker. Contohnya penggunaan bahan kimia poison yaitu karbon tetraklorida.

  1. Inhalation Hazard (Bahaya Terhirup)

Gambar Simbol Bahan Kimia Inhalation Hazard
Bahan Kimia Bahaya Terhirup

Bahan kimia dengan simbol inhalation hazard merupakan bahan yang dapat mengganggu sistem pernapasan pada manusia jika terhirup atau mengalami inhalasi. Oleh karena itu sebaiknya dalam menggunakan bahan ini jangan sampai terhirup dan gunakan masker sebagai pengaman.

  1. Radioactive (Radioaktif)

Simbol Bahan Kimia Radioactive
Bahan Kimia Radioactive

Simbol radioaktif menunjukkan bahwa bahan kimia dengan simbol tersebut memiliki kandungan material radioaktif. Bahan radioaktif dapat menyebabkan pancaran radiasi secara spontan sehingga dapat menyebabkan radiasi bagi orang yang berada di dekatnya. Contoh bahan kimia radioaktif yaitu uranium.

  1. Harmfull (Berbahaya)

Gambar Simbol Bahan Kimia Harmfull
Bahan Kimia Berbahaya

Simbol harmfull pada bahan kimia menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut bersifat berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan ketika terjadi paparan dengan manusia baik secara kontak, tertelan ataupun inhalasi

Oleh karena itulah di dalam penggunaan bahan ini sebaiknya berhati hati, gunakan masker, sarung tangan pelindung dan kacamata googles sebagai proteksi. Contoh penggunaan bahan kimia harmfull yaitu terdaoat pada diklorometana.

  1. Dangerous When Wet (Berbahaya Ketika Basah)

Gambar Simbol Bahan Kimia Dangerous When Wet
Bahan Kimia Berbahaya Ketika Basah

Material dengan simbol dangerous when wet merupakan bahan kimia yang bersifat reaktif dengan adanya air. Definisi reaksi kimia yang ditimbulkan dapat berupa terbakar, meledak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jauhkan bahan kimia ini dari air, tempat yang lembab, dan simpan dalam tempat kering. Adapun untuk contoh penggunaan bahan kimia ini yaitu kalsium karbida.

  1. Non Flammable Gas (Gas Tidak Mudah Terbakar)

Gambar Simbul Bahan Kimia Non Flammable Gas
Bahan Kimia Gas Tidak Mudah Terbakar

Simbol kimia seperti ini pada umumnya berwarna hijau yang menunjukkan jika bahan kimia tersebut tidak berbahaya dimana bahan ini berupa gas yang tidak mudah terbakar. Contoh bahan kimia rumah tangga yang termasuk dalam non flammable gas yaitu oksigen dan helium.

  1. Simbol Material Safety Data Sheet (MSDS)

MSDS merupakan simbol yang menunjukkan tingkat bahaya suatu makna perubahan kimia yang dilengkapi dengan skala bahayanya dimana semakin tinggi nilainya maka tingkat bahaya yang ditimbulkan semakin tinggi.

Pada MSDS terbagi menjadi 4 warna yaitu pada warna biru menunjukkan pengaruhnya bagi bahaya kesehatan, warna merah menunjukkan bahaya terbakar, warna kuning menunjukkan bahaya reaktivitasnya, dan warna putih merupakan keterangan lainnya dengan simbol tertentu. Simbol MSDS ini terdapat dalam semua bahan kimia dengan nilai tertentu yang berbeda untuk setiap bahan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan terkait dengan simbol bahan kimia pada hakekatnya senantisa mempelajari tentang materi yang terdiri sifat, bagaimana penggunaan berbagai materi kimia yang benar. Materi tersebut tentusaja adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan membutuhkan ruang. Yaitu, segala sesuatu yang secara fisik nyata.

Bahkan dengan mengetahui simbol bahan kimia dan maknanya, maka kita dapat mencegah terjadinya kecelakaan dalam laboratorium. Selain itu, jika terjadi kecelakaan maka kita sudah siap dengan tindakan pertolongan pertama yang harus dilakukan.

Oleh karena demikian penerapan kimia dalam hal ini salah satu cabang ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan adalah proses dimana kita belajar tentang alam semesta dengan mengamati, menguji, dan kemudian menghasilkan model yang menjelaskan pengamatan kita terkait simbul bahan kimia.

Penjelasan lainnya melalui video tentang macam pengenalan simbol bahan kimia dan artinya bisa juga cek di bawah ini.

Nah, demikian saja artikel yang bisa kami uraikan dan jelaskan pada segenap pembaca tentang beragam jenis simbol bahan kimia dan arti serta contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi referensi yang bermanfaat.

Gambar Gravatar
Aji Pangestu Adalah Mahasiswa Jurusan Kimia Yang saat ini Sedang Belajar serta Menyelesaikan Studi Pendidikan di salah Satu Kampus Negari Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *